Posted by: dhanichagi | October 3, 2014

Kenapa Pilih Flinders?

TDU

Tour Down Under 2014

Banyak yang bertanya-tanya kenapa saya pilih Flinders? Padahal nilai IELTS saya cukup untuk mendaftar di universitas Australia lainnya.

Sebenarnya dari awal seleksi beasiswa, saya sudah bertekad bulat (yang namanya Tekad pasti bulat ya?:p) untuk mendaftar di Flinders Uni. Namun sempat goyah juga pengen ke Sydney atau Melbourne. Hehehe…
Faktanya, saya sangat senang kuliah di Flinders🙂

Berikut beberapa alasan kenapa saya pilih Flinders:

  1. Adelaide kota yang nyaman untuk belajar keluarga.
    Warga Adelaide terkenal akan keramahannya. Walau ga kenal, pasti banyak yang menyapa atau sekedar tersenyum ketika papasan di jalan. Selain itu, udara yang bersih bebas polusi, jalanan dan kota yang sepi, lebih lagi klo tinggal di sekitar kampus. Cocok banget bagi yang udah eneg dengan macet dan polusinya Jakarta😀
    Mau ke pantai? Cukup 5 menit naik mobil untuk menuju Brighton beach dan deretan pantai lainnya. Mau ke pegunungan? Bisa gowes ke Adelaide Hills atau sekitar 30 menit dengan mobil.

    Gowes menelusuri pantai dari Glenelg hingga Outer Harbour

    Gowes menelusuri pantai dari Glenelg hingga Outer Harbour

  2. Murah!
    Yup, di Adelaide harga akomodasi lebih murah dari state sekitar. Namun, harga bahan makanan mungkin relatif sama. Keunggulan lainnya yaitu ongkos transportasi umum yang sangat murah. Hanya 89 sen tarif off peak untuk students dan gratis gonta ganti kendaraan baik itu bis, tram atau kereta selama dua jam. Bandingkan dengan state lain yang mencapai tiga dollar sekali naik. Walau ongkos transportasi umum murah, banyak juga teman-teman Indonesia yang beli mobil, khususnya bagi students atau spouse yang bekerja.
  3. Central Market dan tempat belanja murah
    Di Adelaide terdapat pasar bersih dan nyaman, yaitu Central Market. Di sini kita bisa membeli berbagai macam sayuran, buah-buahan dan berbagai macam produk Indonesia yang tersedia di salah satu toko di Central Market. Tiap hari Sabtu sekitar jam 1 atau 2 siang, penjual mendiskon barang dagangannya rata-rata wan dolla (satu dollar)!
    Selain Central Market, terdapat toko Bakulan yang terletak tidak jauh dari Flinders dan menyediakan barang-barang khas Indonesia.

    Salah satu sudut Central Market. Sumber: http://event.icebergevents.com.au

  4. Flinders kampus yang nyaman.
    Fasilitas Flinders yang cukup lengkap, mulai dari perpustakaan yang di hari libur pun tetap buka, akses lab komputer 24 jam. ruang terbuka dan taman yang banyak, sports centre, musala, ruang OASIS yang bisa digunakan untuk berbagai acara, dan tentunya ruangan parkiran sepeda yang menggunakan akses kartu mahasiswa dan cctv. Oia hampir lupa, Flinders Uni juga memiliki ISSU (International Student Services Unit) sebagai orang tua kita di Australia. Mba Julie, Mba Casie, Tante Elaine dan Tante Jane siap membantu mahasiswa Indonesia mulai dari urusan perkuliahan, asuransi, hingga urus sekolah anak. Btw sekedar info, Flinders Uni sangat peduli dengan difable. Semua akses kampus bisa dilalui dengan kursi roda.

    Ini bukan di Yogya lho, melainkan di Pendopo Flinders Uni

    Ini bukan di Yogya lho, melainkan di Pendopo Flinders Uni

  5. Kerja sama Flinders dengan Indonesia
    Rektor dan dosen-dosen Flinders Uni sangat erat hubungannya dengan Indonesia. Beberapa kementerian, universitas dan pemerintah daerah mengadakan kerja sama dengan Flinders. Bisa diliat di sini, sini, sini, sini dan sini Jadi jangan heran klo dosen-dosen sangat kenal dengan Indonesia. Bandingkan dengan warga Australia pada umumnya yang ga tau klo Bali itu merupakan salah satu propinsi di Indonesia:p
  6. Komunitas Indonesia yang solid.
    Banyak berbagai komunitas Indonesia di Adelaide, seperti PPIA Flinders yang anggotanya sangat peduli terhadap mahasiswa baru. Mulai dari dicarikan akomodasi sementara, dijemput di bandara hingga mengadakan seminar dan acara dengan bekerja sama dengan PPIA Uni Adelaide, PPIA UniSA dan PPIA South Australia. Selain PPIA, ada beberapa komunitas muslim seperti MIIAS (Masyarakat Islam Indonesia Australia Selatan), KIA (Kajian Islam Adelaide) dan FUMA (Flinders University Muslim Association) yang sering mengadakan pengajian rutin, buka puasa bersama dan solat Idul Fitri dan Idul Adha di Flinders Uni disertai makanan khas Indonesia (nyummy…). Ada pula komunitas olahraga dan kesenian, contohnya Markiwest (Mari Kita Gowes) dan Rindang Saman Adelaide yang selalu diundang di berbagai festival di Adelaide.

    Rindang Saman Adelaide

    Rindang Saman Adelaide

  7. Pilihan pekerjaan sampingan
    Nah ini dia yang ditunggu-tunggu. Pilihannya cuma dua: mau menimba ilmu atau menimba dollar? Mencari ilmu dan dollar dengan bersamaan gimana? Bisa sih, bisa keteter :p Hehehe…
    Klo bawa spouse, banyak pilihan pekerjaan di perkebunan, cleaning service, cuci mobil, pengasuh orang tua dan lain-lain. Mencari kerja di sini susah-susah gampang. Kapan-kapan lah kita bahas dengan detail ya.
  8. Fasilitas Sepeda
    Adelaide merupakan tempat diselenggarakannya event sepeda internasional, yaitu Tour Down Under. Pemerintah Adelaide menggencarkan penggunaan sepeda dan keamanan pesepeda dengan moto: Be Safe Be Seen. Bahkan pemerintah menyediakan fasilitas peminjaman sepeda gratis. Segala hal tentang sepeda sudah pernah saya tulis di sini.

Demikian sedikit alasan dan pengalaman kuliah di Flinders Uni. Sebagai catatan, OSHC di Flinders Uni cukup mahal. Silahkan konsultasi dengan Flinders Uni untuk menanyakan tentang OSHC.

Selamat berburu beasiswa dan kampus idaman di Australia🙂

Lebaran di Australia

Lebaran di Australia. Foto: Budiyanto Dwi Prasetyo

P.S: Ian, you should thanked me coz I have promoted your uni :p


Responses

  1. Salam kenal mas, saya Argian, insya Allah bulan Juli 2015 ini siap gabung di Flinders Uni…🙂

    • Siap om! Selamat datang di Flinders. Selamat menikmati dinginnya Adelaide tanpa salju:D

      >

  2. seru bgt nih ke singapore


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: