Posted by: dhanichagi | August 14, 2014

Turnamen Badminton dan Pingpong 17an Indopendence Day 2014

Siapa sangka perayaan tujuhbelasan di Adelaide bisa semeriah di RT dan kampung-kampung di Indonesia?
Selain ada lomba tradisional seperti lomba bakiak, lomba balapan membawa kelereng di sendok, memasukan pulpen ke botol dan banyak lomba khas tujuhbelasan lainnya, ada pula turnamen olahraga seperti badminton dan pingpong.

Turnamen ini diadakan oleh PPIA South Australia dan berlokasi di The Alan Mitchell Sport Centre Flinders University pada hari Sabtu, 9 Agustus 2014. Lebih dari 50 peserta, termasuk beberapa peserta dari luar negeri ikut meramaikan turnamen yang merupakan rangkaian acara Indopendence Day 2014. Para peserta lomba tidak hanya terdiri dari mahasiswa di universitas-universitas di Adelaide, banyak juga permanent resident yang merupakan warga Indonesia yang sudah lama berdomisili di sini.  Walau promosi kejuaraan ini hanya melalui facebook dan mailing list, namun tidak disangka dapat menarik animo peserta hingga melonjak empat kali lipat dibanding turnamen tahun sebelumnya.

Untuk meningkatkan peminat pendaftar pada kejuaraan ini, panitia mengadakan kelas reguler dan kelas pemula bulutangkis untuk peserta yang sudah lama tidak memegang raket. Selain itu, tersedia juga pertandingan di semua nomor bulutangkis putra dan putri. Akan tetapi karena peserta tunggal dan ganda putri tidak memenuhi kuota, maka atas kesepakatan bersama, nomor tersebut digabungkan menjadi ganda campuran. Sementara itu untuk pertandingan pingpong yang awalnya hanya partai eksebisi, ternyata peminatnya membludak melebihi kuota. Sebagai jalan keluar untuk mengakomodir antusiasme peserta, diadakan pertandingan ganda non gender.

Pertandingan berlangsung sangat seru dengan intensitas sangat tinggi karena banyak peserta yang mendaftar lebih dari satu nomor. Bahkan ada yang mendaftar di tiga nomor sekaligus, termasuk mengikuti pertandingan badminton dan juga pingpong. Turnamen yang diadakan dari pukul 12 siang ini mencapai babak semi final menjelang pukul 4 sore. Dikarenakan sport centre di Flinders Uni tutup pada pukul 4, partai final badminton diadakan di Glenunga International High School di hari yang sama. Sedangkan partai semi final dan final pingpong diadakan seminggu kemudian.

Final ganda putra

Final ganda putra @Glenunga International High School

Puncaknya, partai final tunggal putra antara David William Putra dan Rusli Azis berlangsung sangat menegangkan dengan David yang menjadi pemenang. Di partai ganda putra Pak Amin yang berpasangan dengan pebulutangkis Vietnam bernama Anthony sempat unggul delapan poin dari pasangan David William Putra dan Rifqy Adhyasa. Namun, David dan Rifqy dengan penuh perjuangan berhasil menyusul dan menjadi pemenang. Sedangkan di final ganda campuran, pasangan Faruq Ibnul Haqi dan Frizca Setyorini berhasil dikalahkan oleh pasangan David dan Keisha.
Dengan ini David dari University of South Australia sukses menggondol juara pertama di tiga nomor kelas reguler.

Sementara itu, di kelas pemula tunggal putra, Naufal berhasil mengalahkan Lasario. Sementara Ma’ruf Apriyanto dan Arif Rahman Hakim dari Flinders University berhasil unggul atas Andhika Pandu dan Edy Kurniawan yang juga berasal dari kampus yang sama.

Selamat kepada para pemenang!
Terima kasih kepada seluruh peserta dari Flinders Uni, UniSA, Uni Adelaide, MIIAS, AIA dan semua peserta yang telah membantu berpartisipasi dan suka rela menjadi wasit. Terima kasih kepada para panitia yang bekerja dan berjuang tanpa pamrih. Terima kasih kepada Pak Arief yang telah menyediakan venue Glenunga untuk partai final.
Keuntungan pada kejuaraan ini akan didonasikan kepada sahabat PPIA yang sedang tertimpa musibah tumor otak.

Sampai bertemu dikejuaraan Indopendence Day 2015 :)


Responses

  1. seru nih acara turnamenya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: