Posted by: dhanichagi | August 1, 2014

Bersepeda di Adelaide

Pada suatu hari, saya ketemu Inda di bus dan hal pertama yang jadi pembicaraan ialah bagaimana cara naik sepeda di Adelaide? Wah menarik ini, karena bersepeda di Adelaide memang sangat mengasyikan. Jalanan aspal yang relatif mulus, fasilitas bike lane yang memadai, penyebrangan untuk sepeda bahkan ada organisasi yang menyewakan sepeda gratis!😀
Apalagi bagi teman-teman yang kuliah dan kerja di City dimana parkir mobil sangat mahal. Banyak juga bule-bule yang bersepeda walau hujan, winter apalagi summer. Mulai dari yang bersepeda ke tempat kerja, kuliah, anter anak ke sekolah dan turis-turis dengan sepeda gratisan.
Bike SA yang merupakan non-government organisation, menyediakan sepeda dan helmnya gratis. Cukup dengan membawa paspor asli, kita dapat menyewa sepeda keliling Adelaide seharian penuh.

Ini foto siapa ya? Mungkin orang Indonesia🙂

Perlengkapan Wajib Bersepeda

Harus diingat, bersepeda di Adelaide wajib memakai helm. Jika bersepeda tidak memakai helm walau hanya ke warung depan, siap-siap denda sekitar $153 jika ketauan Pak Polisi. Ngeri ya dendanya?😦
Begitu pula jika bersepeda di trotoar. Hanya anak kecil dan orang dewasa yang sedang mendampingi anak yang diperbolehkan bersepeda di trotoar karena trotoar di Adelaide merupakan hak mutlak pejalan kaki dan Pak Pos😀
Iya Pak Pos. Kapan-kapan cerita tentang Pak Pos di Adelaide :p Hehehe…

Lampu sepeda juga wajib jika kita bersepeda di malam hari. Selain faktor keamanan, lagi-lagi dendanya juga yang bikin serem…
Selain itu, di Adelaide juga sering berkabut jika kita bersepeda ke daerah dataran tinggi, khususnya saat winter. Penggunaan lampu menjadi sangat penting karena mobil-mobil di sini ngebut-ngebut semua. Banyak pula yang menggunakan baju atau rompi reflektor, sesuai dengan moto bersepeda di Adelaide yang digaungkan pemerintah: Be Safe Be Seen.

be safe and be seen

Fasilitas Untuk Pesepeda

Fasilitas utama yang didambakan pesepeda di Indonesia ialah jalur sepeda yang bebas dari kendaraan bermotor. Tersedia banyak jalur sepeda yang sharing dengan jalan raya dan ada pula jalur khusus sepeda yang terpisah dari jalan raya. Untuk jalur yang berbagi dengan kendaraan bermotor, biasanya pukul 7.00-9.00 dan 16.00-18.00 tidak boleh ada mobil parkir atau melintas garis putih bike lane. Di sini sepeda bebas melenggang tanpa takut keserempet mobil. Tersedia pula jalur khusus yang terpisah dengan jalan raya, contohnya Mike Turtur Bikeway yang menghubungkan antara City dengan pantai Glenelg. Info lebih lengkat tentang bikeway, bisa dibaca di http://www.bikesa.asn.au/RiderInfo-WheretoRide-OnRoad-Bikeways

Area khusus sepeda di lampu merah juga disediakan dengan mencat hijau dideretan paling depan antrian lampu merah. Pesepeda bisa ‘menyelak’ mobil dan parkir paling depan sambil menunggu lampu hijau.

Mekanisme traffic light di Adelaide berbeda dengan Jakarta. Adelaide menggunakan metal detector untuk mengetahui bahwa ada kendaraan yang sedang antri lampu merah. Jika tidak ada mobil yang lagi antri, lampu ga akan berubah menjadi hijau😀
Nah klo lagi naik sepeda gimana? Apa bisa terdeteksi oleh metal detector nya?
Di beberapa titik, seperti di Sturt rd menuju ke Flinders Uni, terdapat tombol untuk pesepeda. Jadi kita ga usah nunggu sampe ada mobil ikut antri🙂

Traffic light tips for cyclists. http://www.sa.gov.au

Cara Bersepeda

Bingung ngasih sub judul apa, mungkin ini yang paling pas:D
Bersepeda di Adelaide bisa mengikuti arus kendaraan bermotor jika kita cukup cepat klo gowes. Bisa pula mengikuti arus pejalan kaki. Sebagai contoh, jika kita ingin belok kanan, bisa dengan gowes mengikuti arus mobil yang akan ke kanan. Tapi klo kita ragu, bisa menggunakan traffic light untuk pejalan kaki. Namun harap diingat, jika lampunya khusus untuk pejalan kaki, sepeda harus dituntun. Tapi jika ada gambar lampu hijau untuk sepeda, artinya aman untuk digowes.
Oia klo ada logo rambu lalu lintas yang tulisannya bicycle dismount, diwajibkan turun dari sepeda walau sepi ga ada orang yang lalu lalang.

Awalnya saya heran dan merasa aturan bersepeda di Adelaide sangat ribet dan membingungkan. Akan tetapi, lama-lama kita jadi terbiasa dan sadar klo semua hal ini bermanfaat untuk keselamatan bersama🙂
Selamat menikmati bersepeda di Adelaide!

 

Bikeway di Belair National Park

Mas Santo menikmati bikeway di Belair National Park


Responses

  1. […] Fasilitas Sepeda Adelaide merupakan tempat diselenggarakannya event sepeda internasional, yaitu Tour Down Under. Pemerintah Adelaide menggencarkan penggunaan sepeda dan keamanan pesepeda dengan moto: Be Safe Be Seen. Bahkan pemerintah menyediakan fasilitas peminjaman sepeda gratis. Segala hal tentang sepeda sudah pernah saya tulis di sini. […]

  2. wuitttsss .. aturannya banyak kaliii
    tapi sebetulnya umumnya negara/kota2 maju .. aturannya banyak .. juga dendanya …
    di indonesia juga sebetulnya aturannya cukup banyak .. tapi di trabas semua … jiwa petualangnya tinggi banget … boarderless 😀

  3. hebatt , , sepedaan sampai adelaide


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: