Posted by: dhanichagi | May 6, 2014

Membeli Mobil di Australia

Belum pernah punya mobil?
Kepengen punya mobil dan nyetir di Australia?
Jangan ragu beli ajaaa! MurahšŸ˜€

Tiap kali isi SPT Tahunan, selalu mengkosongkan kolom aset. Rumah masih nebeng orang tua, aset kendaraan hanya sepeda. Satu-satunya aset hanya anak dan istri:p Tsaaaah! *cakep!*

Nah giliran pergi ke negeri kanguru malah kesampaian beli mobil karena mobil bekas di sini murah. Mobil dibawah tahun 2000 harganya dibawah Rp.25 juta. Seorang teman, sebut saja namanya Icha, beli mobil Corolla tahun 1998 Rp.24 juta. Di Jakarta harganya sekitar Rp.70-80juta. Kebayangkan beda jauh selisihnya?
Walaupun mobil dibawah tahun 2000, kondisinya masih cukup prima. Hal ini dikarenakan bensin di sini menggunakan oktan 91 (setara Pertamax) dan jalanan yang ga macet. Selain daripada itu, bule dan pakle di Australia rajin ngerawat kendaraan *catatan: harap diliat bukti service history nya dan cek fisik kendaraan*

Alasan lainnya untuk membeli mobil di Australia ialah transportasi umum yang jadwalnya teratur. Lho kok? Bukannya malah bagus ya?
Memang benar transportasi umum yang teratur memang sangat ideal dan didambakan oleh masyarakat. Namun, kebiasaan di Jakarta yang serba gampang: kemana-mana tinggal naik ojeg, bajaj, angkot dan metro mini yang tiap saat nongol membuat saya tidak terbiasa mengatur ritme perjalanan sesuai dengan jadwal kendaraan umum di sini. Mending gowes sekalian daripada nunggu bis 20 menit kemudian baru nongol. Udah gitu klo bisnya penuh, supirnya bablas ga mau narik penumpang. Jangan heran ga pernah liat orang gelayutan di pintu bis:))
Oia tarif kendaraan umum di Adelaide juga mahal jika dibandingkan di Jakarta (ya iyalah!) Namun masih lebih murah AdelaideĀ jika dibandingkanĀ stateĀ sebelah seperti Melbourne yang tidak ada concession fares untuk students. Tarif transportasi umum bisa dilihat di sini. Kapan-kapan kita bahas tentang transportasi publik di Adelaide ya.

Jadwal dan rute bis, kereta dan tram yang bisa di cek pake hp. Sumber: indaily.com.au

Lalu bagaimana cara beli mobil (bekas) di Australia?
Biasanya teman-teman beli dari sesama orang Indonesia, khususnya bagi teman yang akan pulang ke tanah air. Bisa juga liat di www.gumtree.comĀ danĀ http://www.carsales.com.au. Jika mau cari aman dan ga mau resiko kondisi kendaraan, cek juga dealer mobil bekas. Mobil dengan harga diatas 3000AUD dapat garansi dari dealer.

Jika sudah ketemu mobil idaman, segera hubungi lewat telfon atau sms karena banyak juga saingan pemburu hantu mobil. Cek service history log book, timing belt, ban, oli dan perintilan lainnya.

Setelah deal, periksa pula rego kendaraan. Apa itu rego? Setiap kendaraan yang ada di jalan harus mempunyai surat registrasi atau registration paperĀ yang diperbaharuiĀ secara berkala. Rego ini mencakup pajak dan asuransi jiwa pihak ketiga. Biayanya sekitarĀ 164 AUD per tiga bulan. Penjual dan pembeli mengisi lembar belakang rego dan masing-masing pihak membawa potongan lembar rego lalu melaporkan ke Service SA (Samsatnya South Australia) untuk balik nama.

Contoh Rego dari http://www.sa.gov.au

Setelah urusan rego beres, sebaiknya kita daftar juga asuransi kendaraan untuk mengantisipasi jika mobil mogok di tengah jalan. Kita ga bisa sembarang derek pake tali tambang kayak di tanah air.Ā Akan tetapi, wajib menggunakanĀ jasa derek di Adelaide tergantung jarak, biayanya juga ratusan AUDšŸ˜¦
Saya menggunakan asuransi RAA dengan biaya setahun sekitar 174 AUD dan asuransi pihak ketiga untuk properti 18 AUD per bulan. Besaran asuransi pihak ketiga tergantung quote alias perhitungan dari pihak asuransi mengenai spekĀ kendaraan dan profil pengendaranya.Ā Oia asuransi pihak ketiga juga diperlukan jika kita tidak sengaja menabrak mobil lain. Jangan heran klo di sini ada tabrakan beruntun atau ada orang nyenggol mobil (eh mobil nyenggol mobil lainnya) tapi berakhir dengan damai. Mereka cuma tukeran nomor telepon dan telfon asuransi. Ga ada adu mulut apalagi sampe ke pulisišŸ˜€

Samsatnya Ostrali

Perjuangan survey mobil dengan harga seribuan dollar berbuah nihil. Rata-rata mesin dalam kondisi bocor oli mesinnya dan kilometer diatas 200.000. Akhirnya saya berhasil membawa pulang Mitsubishi Mirage 1997 dengan kilometer masih 127.000 dari bule yang ternyata bisa bahasa Indonesia!

Selamat hunting mobil dan menikmati berkendara di AustraliašŸ™‚

Mirage sebelum dan sesudah dipoles :D

Mirage sebelum dan sesudah dipolesšŸ˜€

Catatan: semoga cita-cita saya road trip ke state lain dapat terwujud. Tadinya mau road trip naik sepeda tapi apa daya anak bini ga mungkin diajak gowes:p


Responses

  1. wow keren nih mobilnya

  2. Hi, thanks tulisannya informatif bgt.
    Mau tanya nih. ribet ga ya ngurus REGO? trus kalo mau jual lagi jg susah ga? Thank you


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: