Posted by: dhanichagi | January 22, 2014

Selamat Datang di Adelaide

Jalur sepeda menuju kampus (mejeng dulu:p)

Jalur sepeda menuju kampus (mejeng dulu:p)

Alhamdulillah sudah sampai selamat di Adelaide. Hingga hari ke 8 saya tiba di sini, kalimat yang sering didengar ialah “Welcome to Adelaide!”🙂

Senin, 13 Januari 2014 pukul 19.45 saya terbang menuju Sydney untuk transit. Di bandara ini kami diperiksa paspor oleh imigrasi dan di cek bagasi oleh bea cukai. Pemerintah Australia menerapkan peraturan yang ketat mengenai barang-barang yang diperbolehkan masuk ke Australia. Oleh sebab itu, kita harus declare barang bawaan kita dengan terlebih dahulu mengisi form kedatangan. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat disini dan disini.

Sekitar tiga jam kemudian, kami berangkat ke Adelaide dan mendarat pukul 11.45 waktu setempat. PPIA Flinders dan tim penjemput dari pihak kampus langsung menyambut kami dengan hangat. Lebih mantab lagi ketika saya disapa oleh Ketua PPIA South Australia, Mas Dias Satria, yang juga sekaligus penggiat komunitas bersepeda Adelaide (Markiwest). Bahkan saya berpisah dengan rombongan teman-teman mahasiswa baru dan diantar oleh Mas Dias dan Mas Faruq (Ketua PPIA University of South Australia). Terima kasih banyak! 

Akomodasi sementara saya dapatkan dengan bantuan Undip dan istri, yang menyediakan satu kamarnya untuk saya pakai. Kemudian saya diundang untuk makan siang dan dilanjutkan dengan tur keliling Flinders Uni dan belanja kebutuhan sehari-hari di Marion Shopping Center.

Orientasi oleh Australia Awards Liaison Officer

Keesokan harinya, diadakan briefing oleh pihak kampus dan kami diberi jadwal Introductory Academic Program (IAP) yang berlangsung mulai minggu depan selama satu bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kita segala hal tentang kuliah di Adelaide. Mulai dari makanan, rumah, ibadah, peraturan, sekolah anak, kesehatan, hingga kegiatan akademik dan fasilitas di kampus. IAP sangat berguna bagi mahasiswa baru, apalagi bagi negeri yang mempunyai bahasa dan kebudayaan yang berbeda. Dan yang paling beruntung ialah mahasiswa yang berasal dari Australia Awards, karena hanya mereka yang berhak untuk mendapatkan ini.

Kegiatan IAP oleh AAS Liaison Officer

Kegiatan IAP oleh AAS Liaison Officer

Hot Wave

Saat di Jakarta dilanda banjir, minggu kemarin Australia diserang oleh gelombang panas. Kalau bisa saya gambarkan, panasnya seperti saat gowes di puncak Cariu pukul 12 siang! Bahkan Adelaide menjadi kota terpanas dengan suhu mencapai 46 derajat celsius. Tadinya saya sudah niat gowes begitu sampai di Adelaide. Ketua Markiwest, Mas Eko Susanto dengan baik hati meminjamkan sepedanya dan diantar pula ke rumah. Akan tetapi niat itu tidak terwujud, daripada malah kena heat stroke. 

Akhirnya Gowes Juga

Wiken pun tiba, hot wave sudah reda dengan suhu sekitar 30 derajat celsius. Saya di ajak gowes oleh Markiwest dengan rute dari CBD menuju Pantai Glenelg. Kita menelusuri bike lane sepanjang kota dan sangat menikmati fasilitas bagi pesepeda. Untuk selengkapnya, nanti saya ceritakan lagi ya😀

Hari Minggunya lebih asyik lagi. Saya berkesempatan untuk nonton Tour Down Under yang merupakan event sepeda internasional. Lebih tepatnya saya hanya nonton pameran sepedanya saja karena jadwal yang bentrok, lumayan dapet banyak oleh-oleh gratisan di stand-stand sponsor:p

Masih banyak PR yang harus dilakukan mulai dari nyari sepeda akomodasi permanen, upgrade OSHC yang nilainya mencapai harga Daihatsu Ayla, beradaptasi dengan lingkungan baru, dan mengerjakan tugas-tugas IAP. Mohon doanya semoga semua lancar ya.
Terima kasih banyak🙂

Suasana di Plaza (tempat makan dan nongkrong)

Suasana di Plaza (tempat makan dan nongkrong)


Responses

  1. Halo mas, salam kenal. Itu maksutnya upgrade oshc ke family ya mas? Kalo iya mahal bgt ya, teman saya awardee ads thn 2011 mbayar asuransi istrinya hanya 2-3jt. Apa sudah berubah ktentuannya? Soalnya sy jg lg cari info terbaru ttg oshc terutama biayanya🙂 Thx n semoga lancar semuanya.

    • Salam kenal Mba Mira. Awardee tahun ini ya? Congrats! Rencana mau masuk Flinders juga? Klo upgrade Allianze ke mutli family, mulai tahun ini siap2 dana yg sangat banyak. Tapi hanya di Flinders aja lho (entah kenapa). Uni yg lain masih sekitar $2000-$3200. Selain itu ada waiting period selama setahun untuk biaya melahirkan dan cek kehamilan.

      >

  2. Bukan sy tp suami yg lulus, rencananya sih di UniMelb. Wah mesti nabung dulu nih kalo mau ikut hehe.. anyway thanks bgt infonya ya mas..

    • Nanti akan ketemu banyak teman di Unimel. Target sekarang IELTS dulu, lalu baru mikir yg lain🙂

      >

  3. Mas saya mau tanya mengenai OSHC di flinders uni, apakah masih bisa ganti provider lain selain allianze dengan yang lain (lebih murah pastinya)?…

    karena di situs flinders mengenai OSHC masih ada penjelasan boleh dengan provider lainnya.. berikut ini kutipannya
    ” If you have chosen another provider, please make sure that you maintain health cover for your entire stay in Australia .
    Soon after your arrival in Australia , you must provide
    Student Finance Services with proof of your health cover
    with another provider. Student Finance Services will note
    this on your student account and you will not be charged
    for OSHC by Flinders University ”

    Salam kenal 🙂

    • Salam kenal Mas Adi. Tentunya bisa pake OSHC yg lain. Saya sendiri pake BUPA (bayar dobel karena sudah pake Allianz). Namun, jika kuliah dengan beasiswa AAS, biasanya menggunakan OSHC rekanan AAS atau rekanan kampus. Coba dikonsultasikan dengan pihak AAS.

      Akan tetapi jika dapat beasiswa yg lain (contoh: Spirit), bisa minta ke agen untuk pake asuransi yg lain. Nanti agen menginstruksikan agar kita daftar OSHC online di situs masing2 provider.

      >

  4. halo! kak mau tanya dong.. aku ingin ngelanjutin Kuliah ke Aussie kira-kira apa yang harus aku persiapkan ya?

    • Ngelanjutin dari SMA ke S1 ya? Ada beberapa lembaga pendidikan yang menyediakan jasa melanjutkan studi ke Australia, salah satunya http://www.idp.com/indonesia/studyabroad

      Klo mau cari info beasiswa, bisa gabung milis beasiswa di yahoogroups. Selain itu, tentu perlu latian IELTS sebagai syarat masuk universitas di Australia. Selamat mencoba🙂

      On Sun, Nov 2, 2014 at 10:39 PM, Adventure Goes Sepeda! wrote:

      >

  5. bagaimana dg bencana banjir di OZ khususnya Adelaide?
    apakah gak menganggu ? atau sebaiknya dihindari dg memilih state lain di oz?

    salam

    • Salam kenal! Banjir di Adelaide pernah terjadi di beberapa lokasi seperti di City dan tampaknya tidak terlalu berdampak serius bagi students. Berita banjir di Adelaide bisa dibaca di http://www.abc.net.au/adelaide/topics/disasters-and-accidents/floods/?page=1

      Saya sendiri belum pernah merasakan banjir selama setahun di sini🙂 Yang jadi kendala mayoritas mahasiswa Indonesia dan warga Australia ialah cuaca yg sangat panas. Hari ini diperkirakan mencapai 38 derajat celcius 😅

      >


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: