Posted by: dhanichagi | February 11, 2013

I Did It! Road to ADS (1)

Alhamdulillah… Ucapan puji syukur kami panjatkan atas segara nikmat dan karunia Allah SWT.
Pada hari Selasa, 5 Februari 2013, tepat pada saat merayakan ulang tahun istri tercinta, saya ditelfon oleh Undip. “Cek imel”, ujarnya singkat.
Waktu itu lagi nyetir dan langsung refresh gmail di hp. Ternyata ada pengumuman ADS. Congratulations katanya!
*koprol di mobil sambil nyetir*

Bener-bener ga nyangka, semua atas karunia-Nya. Teringat waktu interview tanggal 16 Januari yang lalu. Dibantai!
Wkwkwk…

Nah sekarang tugas saya ialah membagi pengalaman dalam memburu beasiswa yang proses seleksinya memakan waktu delapan bulan ini😀
*lap keringet*
Semoga ada hal positif yang bisa dipetik dari pengalaman saya. Oia tulisan ini dibagi beberapa bagian supaya ga bosen bacanya. Selamat menikmati!

Be prepared
Walau belum ada pengumuman beasiswa, siapkan segala sesuatu persyaratannya seperti:

  • TOEFL ITP atau IELTS yang memenuhi persyaratan. Jika nilai kita belum cukup, jangan sungkan untuk ikutan les. Terima kasih untuk Tante Dian yang bersedia menemani saya gowes Lapangan Banteng-Salemba untuk les TOEFL preparation.
  • Translate ijazah, transkrip, akte kelahiran, surat rekomendasi, dan segala keperluan lainnya.

Nah hanya dua poin itu aja yang perlu dipersiapkan jauh-jauh hari. Karena tes TOEFL ITP atau IELTS tidak diadakan tiap hari, melainkan ada jadwal khususnya. Silahkan menghubungi lembaga-lembaga bahasa yang menyelenggarakan tes TOEFL ITP atau IELTS.

Oleh karena saya berasal dari institusi pemerintahan yang merupakan key agency ADS, maka ada persyaratan lebih lanjut dari internal kantor, antara lain kepangkatan dan golongan, masa kerja, rekomendasi atasan, dan syarat lainnya. Siapkan segala dokumen terkait, bikin file pribadi dan scan semua dokumen.

Proses Seleksi Internal
Pengumuman seleksi beasiswa ADS di web resmi sekitar bulan Maret, selanjutnya tinggal menunggu pengumuman dari pihak internal kantor sekitar bulan Mei.
Seleksi pertama dimulai dari seleksi berkas oleh kantor pusat. Berkas diajukan secara hirearkis melalui kanwil lalu ke kantor pusat. Setelah seleksi berkas, dimulailah seleksi kedua yaitu TPA, psikotes termasuk interview oleh psikolog. Proses ini yang cukup menyita kekuatan otak😀 alias paling capek dan puyeng…
Tesnya sehari penuh dari pukul 8.00-16.30. Persiapan fisik yang paling penting dan ga usah belajar kecuali belajar gambar! Hehehe…

Setelah pengumuman kelulusan seleksi TPA dan psikotes, mulailah seleksi interview oleh dua orang pejabat kantor pusat yang merupakan alumni ADS. Di sini saya dibantai dengan pertanyaan-pertanyaan di luar dugaan. Sebenernya pertanyaan yang sangat bagus, karena menggambarkan sekitar pertanyaan yang akan disampaikan pada saat seleksi puncak, yaitu saat interview oleh ADS Joint Selection Team (JST). Pertanyaan seperti korelasi antara pendidikan S1 yang telah diambil, pekerjaan saat ini, dan program S2 nanti yang akan diambil, visi misi, latar belakang dan motivasi ikut beasiswa, lalu pertanyaan sekitar kontribusi dan konsep apa yang akan kita ajukan untuk institusi di masa yang akan datang.
Semua interviewee yang keluar dari ruangan kami pucat pasi. Saya pribadi mengalami wawancara yang sangat seru (baca: sangat tegang), seperti ujian komprehensive pada waktu kuliah di Bintaro dulu :p

Proses Seleksi oleh ADS
Nah setelah pengumuman seleksi ketiga ini, barulah kita dibriefing tentang pengisian aplikasi oleh Ibu Nurianna Thoha, HRD National Manager ADS Indonesia. Aplikasi ini merupakan modal dari peserta seleksi beasiswa ADS untuk melaju ke tahap selanjutnya, interview oleh JST. Beliau menjelaskan mulai dari beasiswa ADS itu sendiri, pengisian aplikasi, hingga gambaran proses wawancara. Intinya, bagaimana kita menjelaskan tentang diri kita, pekerjaan, dan kontribusi kita di masa datang dalam form aplikasi yang cukup ringkas.

Saya sendiri banyak membaca blognya Bli Made Andi dan form senior yang lebih dulu lolos ADS. Ibu Anna mengingatkan, pengisian aplikasi ADS jangan hanya sekadar copy paste, hal ini banyak dijumpai khususnya pelamar beasiswa dari key agencies. Ditegaskan juga agar mengirimkan form aplikasi beserta kelengkapan lainnya seperti ijazah, transkrip kuliah S1 yang telah ditranslate dan di legalisasi stempel basah, sesuai dengan ketentuan. Hal ini penting karena jika ada satu syarat yang kurang lengkap, maka tidak akan lulus dalam proses seleksi berkas oleh ADS.

Sekitar akhir bulan November, diumumkan Shortlisted Candidates yang berhak melaju ke tahap seleksi interview oleh JST dan tes IELTS di bulan Januari tahun berikutnya.

Cukup panjang ya prosesnya?😀
Untuk proses interview, kita lanjutkan di tulisan berikutnya.

P.S. sebenarnya ada tulisan-tulisan tentang kegiatan sepeda mengasyikan ke Pure di awal tahun ini. Pending dulu ya!


Responses

  1. Alhamdulillah…ikut senang om…. sukses !!😀

    • Terima kasih banyak ya tant! Mohon doa restunya🙂

  2. Sepedaman gowes to adelaide, rite? Gw mau mengikuti jejak lo, Dhan! Doakan ya… kali aja bisa ketemu cowok Indonesia yg ganteng di perantauan… ha…ha Good Luck, Dhan!!

    • Hmmm… ga berminat gowes ke Adelaide juga sih dok. Kejauhan:p xixixi… Terima kasih ya dok. Ayo nyusul! Semoga diijinkan sama ortu untuk kuliah di luar. Secara PMDK FKUI yang ikutan seleksi beasiswa sambil merem juga lolos😀 Jangan jauh2 nyari cowok Indonesia di perantauan. Yang deket aja, radius 3 km :p *pengalaman*

  3. lets speak in English then😀

    • lets cycling in Bogor wae atuh budhe😀

  4. Yaiy you did it! Congrats ya happy for you. Siap2 jd student lg next year🙂

    • Thx a lot ya Suhu Nia!😀 Semoga bisa boyongan keluarga dengan lancar dan jalan2 ke Melb🙂

  5. I congratulate you on your successful.
    Kalau boleh tau ambil studi dmn mas ? ambil jurusan apa ?

    • Rencananya ambil Master of Public Administration di UnySyd. Meskipun 90% akan ganti kampus *nyadar IELTS nya masih kurang* :p Nunggu nanti pas EAP untuk kepastian kampusnya.

      Terima kasih telah berkunjung🙂

  6. […] yang sudah saya posting sebelumnya disini, proses interview internal menggambarkan seleksi interview sesungguhnya oleh JST  (Joint Selection […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: