Posted by: dhanichagi | April 30, 2012

Hutan UI Edisi Pohon Tumbang

Hari Minggu rencana gowes ke Cioray bareng Eko Cimanggis. Tetapi Om Jali ngajak nengok Teh Kon di Sukamantri. Ternyata eh ternyata Eko ada kondangan, dan bini saya pun lagi minta dikelonin *eh…
Akhirnya Om Jali ngelap di JPG dan saya pun pindah haluan ke Hutan UI.

Udah lama ga ke Hutan UI, mungkin sekitar dua tahun. Setelah ngajak Naura jalan-jalan keliling komplek, pukul 6.40 saya meluncur dengan sepeda Jaiko hitam menuju arah Depok.

Wah ternyata ada funbike UI. Mahasiswinya Pesertanya rameeee banget!
Rombongan iring-iringan sepeda dari Gerbatama sampe FKM full satu jalur untuk sepeda.
Mantab!

Om-om DJ lelumpatan

Trek Hutan UI terletak di sebrang fakultas teknik. Ada jalan yang diportal, masuk aja. Tiap wiken pasti rame di depan Mangkok UI.
Mangkok UI itu sebuah cegokan seperti mangkok yang biasa dipake anak-anak dirtjumpuntuk beratraksi. Malahan bocah-bocah warga sekitar juga ikutan main dengan sepeda BMX seadanya, ga pake pelindung apapun, dan cuma pake sandal jepit😀

Bocah-bocah penduduk sekitar. Nyalinya jago pisan!

Walau minim peralatan, ternyata mereka lumayan jago lho…
Don’t try this at home

Masuk ke titik start, saya melaju mengikuti papan petunjuk yang dibuat oleh Boloo2x. Papan petunjuk tersebut terdiri dari angka yang berurutan. Jadi ga usah khawatir klo main ke Hutan UI ga pake guide, tinggal ikutin aja papan petunjuknya.

Lokasi start

Catatan: beberapa papan ada yg hilang atau terlewat klo kita ga liat dengan seksama :p

Hutan UI merupakan trek yang sangat sederhana namun mengasyikan klo dibawa gowes ngebut. Hampir ga ada tandjakan yang berarti di single track sepanjang hampir 4 km ini. Hanya ada dua turunan curam yang mengarah ke danau UI.
Siap-siap nyebur ke danau klo rem blong yak xixixi…

Jaman dahulu kala waktu saya masih awal-awal main sepeda (2003), trek Hutan UI jarang di jamah. Jalur hutannya masih asyik. Tanah rata, ga ada bekas ban dan kubangan lumpur.
Namun sekarang banyak yang berubah. Sama seperti trek di Puncak, jalur single track banyak dipenuhi jalur air dan kubangan-kubangan. Bikin ban Larsen TT saya skid terus😦

Adonan donut. Nyummy....

Maxxis Larsen TT 1.90 ga cocok di trek tanah licin. Untuk aspal dan makadam memang tiada duanya, namun untuk di trek tanah saya nyerah dah…

Single track dipenuhi dengan tumbuhan yang mulai menutupi jalur. Bahkan selama gowes harus menyingkirkan ranting terlebih dahulu. Sekitar 20 menit gowes, terjadi hal yang bikin saya terbengong-bengong.
Whuaaa ada pohon tumbang gede banget!
Sempet foto-foto sebentar, lalu memutuskan untuk bunny hopmemanggul sepeda saja:)

Pohon tumbang pertama. Bunny hop?

Turunan curam berhasil saya lalui, trek kembali mengarah ke danau. Kemudian menandjak dan saya gagal *nyengir kuda*
Tanah yang licin dan akar pepohonan menyebabkan ban saya skid.

Lanjut lagi masuk trek dan saya bengong untuk kedua kalinya. Ada pohon segede gaban yang tumbang lagi!
Apa ini konspirasi supaya saya ga boleh gowes??
Ga mungkin juga di bunny hop secara daunnya rindang banget. Terpaksa saya tiarap untuk melaluinya…

Ini pohon kedua

Lanjut lagi gowes dan jalanan mulai menandjak perlahan. Lalu apa yang terjadi??

Doeeeeng… pohon tumbang lagi…!
Kali ini dua pohon berturut-turut yang tumbang.

Saya angkat tangan. Begitu selesai satu lap langsung pulang aja dah…

Pohon tumbang combo

Ini mah capek angkat sepedanya dibanding gowes. Tau gitu saya ambil trek luar aja yang memutari danau UI.

Setelah itu jangan tanya lagi dah…
Udah ketebak ada pohon tumbang lagi kan??
Bener aja gitu lho😀
wkwkwk…

Klo ini mah gampil. Bukan di bunny hop tapi diangkat sepedanya:p

Selesai satu lap ditempuh dalam waktu 50 menit. Parah yak?
hehehe…

Ga ada tanda-tanda pohon-pohon tadi sengaja tumbang dan melintang di atas trek. Soale ga ada bekas gergaji atau kapak. Hmmm…

Lain kali saya pasti akan balik lagi ke UI. Kapan lagi main di hutan yang rindang di dekat kota Jakarta?
Udara yang sejuk, ga ada suara dan asap kendaraan bermotor, trek yang relatif flat, dan cocok banget buat pemula seperti saya #aheey!
Oia dengan catatan pohon yang tumbang diberesin dulu yak
xixixi…


Responses

  1. Ah, itu mah sengaja digituin tuh pohon. kayaknya dulu pernah dibahas gitu deh, tapi dimana gua lupa.😀

    • Pernah dibahas di milis MTB-I. Mendingan CFD aja dah😀

  2. Gw seumur2 cuma nemu 1-2 pohon doang…ini rekor tuk!!

    • Cobain tuk! Siapa tau sembuh:p xixixi…

      Muter danau UI aja yg aman tuk

  3. makanya udah males main disitu. sekarang tp pengen main disitu aja lg. turunan danaunya yg horor bgt!
    selain itu biasa aja..

    • Iya om, ga enak banget lagi asyik2 gowes tiba2 terhalang pohon tumbang. Trek luar UI juga udah kepotong proyek dari kampus di deket Mang Engking😦


Leave a Reply

Categories

