Posted by: dhanichagi | January 31, 2012

1PDN Sentul Uphill Race 2012

kanan-kiri: Women Elite, Women Open, Women Open House

Setelah berpuluh-puluh tahun ga ikutan race, akhirnya saya ikutan dan bisa finish untuk pertama kalinya seumur idup :p
*biasanya di diskualifikasi karena kena overlap*

Belum pernah tes trek dan nekat ikutan balapan.
Maklum trek kali ini berbeda dengan race tahun-tahun sebelumnya.
Start dari kantor pemasaran Sentul City-lurus ke arah Taman Budaya-belok kanan di patung angsa dan lanjut offroad sampe 4,5 km lalu nembus di tandjakan seng.

Minggu pagi kumpul di rumah Om Bimar. Saya, Om Adit Wardhana, Om Jali, Tante Lita, Om Bimar, dan Koh Asan berangkat menuju Sentul pukul 6 pagi.
Sesampainya di Sentul, kita langsung setting sepeda dan menuju loket registrasi.
Disana ketemu temen-temen 1PDN yang menjadi panitia lomba.
Sayang banyak praja yang ga ikutan race..

Tante Lita mendaftar di Women Open, Om Bimar dan Koh Asan kelas Master A, dan saya, Om Adit, Om Jali masuk Senior A.
Kelas Master A memecahkan rekor race sebelumnya dengan jumlah peserta 110 orang! Wuiiiih…

Sambil menunggu giliran start, kita pemanasan sambil ngobrol-ngobrol sama peserta race yang pada turun gunung setelah sekian lama ga jumpa.

Sekitar pukul 9 lebih, start pun dimulai.
Pertama diberangkatkan kelas Men Elite yang diikuti trio Jabar, peringkat 1 sampai 3 di Sea Games yang lalu, serta pembalap-pembalap dari daerah-daerah lain.
Lalu Woman Elite, termasuk Teh Kusma, dan Diana Intan dari Jabar.. Sluuurp…
Diikuti kelas Junior, Senior, Master A, Master B, dan Master C.

Diawali dengan flying start, para peserta memulai start dipandu oleh motor sebagai voorijder.
Setelah sampai di bundaran Sentul City, peserta race langsung melesat dan saya sendiri tertinggal oleh peleton😦
Hiks…

Strateginya sih manajemen tenaga supaya ga abis nafas sewaktu offroad. Belum ada bayangan treknya, jadi masih meraba-raba power yang harus dipakai.
Satu per satu pembalap yang lain menyusul hingga belok kanan di patung angsa dan turunan aspal diselingi oleh tiga polisi tidur.
Saya pacu MTB Chromoly yang super berat di turunan ini, polisi tidur pun saya hajar. Berhasil membalap tiga peserta, namun b-don Zefal terjatuh.
Daripada buang-buang waktu turun dari sepeda dan ambil b-don, saya langsung tancap pedal di medan offroad.
_keputusan yang selanjutnya saya sesali karena b-don tsb ilang_

Nah ini dia puncaknya, nafsu banget nyusul pembalap yang lain, saya turun dari sepeda dan mulai TTB😀
wkwkwk…
Lumayan kena beberapa orang dan mulai genjot di aspal ancur dan tanjakan semen.
Yang bikin kaget sewaktu melihat TLC nya Om nOta masuk ke jalur balapan dengan sisi sebelah kiri masuk ke lubang yang cukup dalam.
Masih posisi nuntun sepeda, saya susul Land Cruiser tsb dan kembali gowes sambil nuntun lagi karena jalur macet banyak peserta Women Open yang masih nuntun juga.
ah le sunTLC Om nOta ikutan race

Beruntung ketika nuntun ketemu Tante Lita yang bawa dua b-don, alhamdulillah dikasih b-don cadangannya. Makasih ya tant!

Lanjut gowes lagi di rumput yang coklat tertutup lumpur, ban Larsen TT masih sanggup gelinding walau licin. Begitu trek offroad yang panjangnya sekitar 4,5 km hampir habis, langsung kebut di batu makadam dan aspal mulus…

Sayangnya semua orang juga punya teknik yang sama, ngebut di aspal. Setelah berhasil melewati dua orang tetapi dibelakang udah mengejar tiga peserta lain.
Ternyata aspal mulus tanjakan seng menuju KM.0 masih jauh…
Rada maksa pake gear depan tengah dan ga mau pake granny, RPM cuma sampe 60-70. Kesalahan ga sih?

Berhasil membalap dua orang lagi, akan tetapi di tandjakan terakhir dia ngebut dan saya disusul sepersekian detik:p

Ternyata hasil perolehan waktu saya 59 menit dan 31 detik. Jauh dibawah Om Jali, Om Adit, dan Om Rifu.
Lumayan lah pertama kali nyentuh garis finish udah prestasi yang bagus🙂

Catatan: Seumur-umur ke KM.0, baru kali ini menyentuh dibawah sejam :p
wkwkwk…

Beberapa cerita menarik dari 1PDN Sentul City Uphill Race ini yaitu Om Jalii berhasil meraih juara 1 kelas jurnalis dan mendapatkan medali, piala, serta kamera pocket Nikon Coolpix S630. Congraaats!

Ada juga perlombaan kelas berat diatas 80kg. Salut dengan badan segede itu bisa selesai.

The Most Inspiring Uphiller diraih oleh Shanaz (Puteri Om Gilang Rodex).
Dengan usia masih 5,5 tahun, Shanaz sanggup menyelesaikan lomba didampingi oleh Bunda tercinta yang mengawal dari garis start sampe finish.
Pake sepeda singel speed, ban kurang dari 16′, serta memakai celana jeans, Shanaz ga mau di evak dan bersikeras untuk gowes sampe finish!

Sebelum start

Shanaz Finish!

Btw dapet update terakhir, Agus Suherlan di diskualifikasi dan Om Sarden a.k.a Sardiana lagi di konfirmasi apakah seharusnya masuk kelas Elite atau bukan.
Artinya saya naik peringkat jadi 27 dari 61 peserta yak?:D
xixixi…

Total 564 peserta dari seluruh kelas. Salut buat panitia dari 1PDN, Gowel Bogor, ISSI Bogor yang sudah menyelenggarakan event Uphill Race secara rutin. Ditunggu event selanjutnya ya!
Hasil lomba bisa diliat di http://www.facebook.com/media/set/?set=a.2901485950337.134340.1656102025&type=1

This slideshow requires JavaScript.

ps: foto-foto diambil dari FB dan milis 1PDN dan Rosela🙂


Responses

  1. nice try om.. mari kita galakan kembali era2 xc race😀

    • Jadi inget dulu bareng Om Eko Cimanggis dan Mbah WTT, bikin club namanya Warrior. Prestasi terbaik peringkat 8 Master A di Puspitek. *sekarang mati suri* Yuk kita bikin, nanti ada tim feeder dan rutin ikutan race. hehehe…

  2. […] ing eng… Ekspetasi saya terhadap frame chromoly ini pupus sudah ketika mengikuti 1PDN Uphill Race 2012 di Sentul. Frame Chromoly ga bisa bersaing dengan pembalap-pembalap lainnya. Tandjakan Bojong […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: