Posted by: dhanichagi | January 24, 2012

Sentul-KM.0-Mega Mendung-Paseban-Curug Panjang-KM.0-Sentul

Judul yang panjaaaaang…
Nulisnya aja pake mikir dulu.
xixixi…

Hari Sabtu kembali lagi seperti biasanya gowes bareng Om Abdu😀
Parkir di Bagol Sentul dan kita mengayuh menuju KM.0.
Baru sampe Taman Budaya udah kerasa berat banget. Mungkin gara-gara 3 hari berturut-turut sepedaan nih.
Belok kanan setelah Taman Budaya menuju KM.0, dan saya baru sadar ternyata ban kempes.
Niatnya hanya mompa, malah pentil rusak😦
hiks hiks…
Udah 3 x mompa dan pentil masih rusak, tampaknya harus ganti ban dalam.
Acara manjat pun molor…

Sesampainya di KM.0 sudah ditunggu Om Abdu dan Om Saleh serta puluhan pesepeda lainnya yang sedang latihan menjelang 1PDN Uphill Race.
Kepengen juga ikutan Uphill Race, maklum tahun ini ga ikutan bantuin panitia😛
Ketemu Om Devin, Om Ocat, Om Martha (juara dunia junior di Ostrali lho…), Rombongan Wei Min, dan lain-lain.

Nenggak sekaleng Pocari Sweat dan pisang sebatang, lanjutlah kita menuju Mega Mendung.
Etape Sentul-KM.0 full aspal mulus.
Etape KM.0-Mega Mendung campuran aspal, batu-batu makadam, semen yang licin, tanah single track. Mantab lah!

Dari KM.0 lurus terussss,,, lalu ketemu tandjakan semen yang licin kemudian tanjakan makadam.
Nandjaknya sih ga masalah, nah begitu ketemu turunan panjang antara tanah dan batu-batu yang licin jadi bikin jiper…
Pake Larsen TT 1.9 di kedua ban bikin ga PD. Alhamdulillah turunan aman-aman aja.

Jalur tadi nembus di jalan menuju Mega Mendung. Wuihh ternyata KM.0 sama Mega Mendung itu beda RT doang😀
Deket banget!

Masuk ke daerah Cilember-Taman Matahari dan menuju Paseban.
Seperti di trip-trip Paseban sebelumnya, tandjakan Paseban lucu-lucu.

Dimulai dari aspal mulus yang ga habis-habis.
Dahulu kala sewaktu menunggangi Kanondel, tandjakan ini dapat ditaklukan dengan mudah. Cukup sekali nafas dan tanpa istirahat bisa finish dengan mudah.
Ternyata kali ini ceritanya lain. Butuh 2 kali ambil nafas ditandjakan untuk bisa lulus. Padahal aspal mulus😦

Chromoly itu sangat berat Jenderal!
Dengan bobot 12, 4kilogram (beda 1,2 kg dengan Kanondel) bikin kita harus maksa banget untuk nandjak.

*ah le sun*

Well singkat kata, saya, Om Abdu, Om Saleh hujan-hujanan menuju pit stop pertama, sebuah warung di pertigaan menuju Paseban dan Curug Panjang.
Sesampainya di warung, kita ditunggu oleh 4 orang rekan nandjak Om Saleh yang sedang menyeruput mie rebus di ketinggian 800 meter diatas permukaan laut…

Ngemil sebutir salah dan teh manis hangat, kemudian kita lanjut lagi melahap tanjakan panjang kedua. Jalan aspal yang cukup rusak kurang lebih 100 meter, bikin handling berantakan. Beberapa rekan nandjak terpaksa berhenti karena ga bisa mengendalikan handlebar mereka yang ke kanan, ke kiri dan akhirnya keluar jalur.
Saya pun terpaksa berhenti karena nandjak tepat dibelakangnya😀
xixixi…

Perjalanan dilanjutkan dengan jalur batu-batu makadam. Sesekali kita mengambil fot0 (walau hasil fotonya tetep aja standar)😛

Satu hal yang bikin kaget, ternyata jalur tandjakan makadam Paseban yang terkenal sudah di cor semen….😦
hiks hiks hikss….
Turut sedih, khususnya bagi om dan tante yang blum pernah icip-icip tandjakan ini😀

Percobaan pertama gagal…
Nyoba lagi dan lulus!
*prok prok prok*

Makadam di Paseban bikin pantat sakit (bagi hardtail). Batu-batunya tajam dan licin.
Sembari berdoa warung depan lapangan buka, kita kembali nandjak bebatuan makadam.
Melewati masjid, mengikuti jalan makadam terus dan tepat pukul 12 siang, sampailah kita di warung Paseban 1.200an meter diatas permukaan laut.

Alhamdulillah warungnya buka, langsung aja pesen mie goreng.
(catatan: terakhir makan indomik tahun 2008)
Gapapalah melanggar makan mie saat nandjak, daripada kelaparan dan ga kuat pulang.
Sayang banget ga ada nasi disini, padahal lapar sekali…

Sebelum pulang, kita salat terlebih dahulu. Musala di Paseban sederhana namun bersih dan dingin tentunya. Mungkin klo ga inget waktu, bisa rebahan disini dulu😛
hehehe…
Pukul 13.00 kita turun menuju Curug Panjang melewati turunan single track makadam yang nembus langsung ke air terjun Curug Panjang.

Curug Panjang-Mega Mendung full aspal mulus dan kita kembali masuk jalur tanjakan panjang makadam menuju KM.0. Padahal udah eneg banget sama tandjakan, pulangnya masih harus nandjak lagi, panjang pula…

Sampailah kita di parkiran Bagol Sentul pukul 14.30😀

Intinya perjalanan ini maknyoosss tenan.
Sebanyak dua spot tandjakan KM.0m dan Paseban ditambah lagi tandjakan diperjalanan pulang bikin kita eneg liat tandjakan selama seminggu kedepan :p

Dibawah ini penampakan flash GPS dari Everytrailnya Om Abdu.

Bagol-Km.0-Megamendung-Paseban-Curug Panjang-Km.0-Bagol

http://www.everytrail.com/swf/widget.swf

This slideshow requires JavaScript.


Responses

  1. Perjalanan dilanjutkan dengan jalur batu-batu makadam. Sesekali kita mengambil fot0 (walau hasil fotonya tetep aja standar) –> bajunya standar yak wkwkwkwkwkwk

    • kira-kira kapan jersey lo robek ya tuk?😛 xixixi…

  2. pertigaan curug panjang dan paseban itu dimana ya? jadi kalo ke paseban ngga harus ke cur-pan dulu gitu?

    • Ke Paseban bisa tanpa lewat Cupang tapi dari arah Km.0 lurus terus lewat makadam dan lewat jalan kampung Mega Mendung. Keluarnya di jalan raya Puncak dan masuk lagi belok kiri ke Cilember. Harusnya sih bisa tanpa lewat jalan raya Puncak, sayang blum nemu jalurnya :p

  3. Ooo.. lewat DH makadam, tembus ke Villa Gedeh, terus ambil kanan keluar di per3an Mega Mendung – Jl Raya Puncak? males bener lewat tanjakan cilember euy… sewa ojek aja yah.. wkwkwkw
    Kalo lewat cipendawa – tanjakan kampung awan – mega indah – curpan – paseban.. pulangnya baru lewat jalan raya puncak – gadog – cijayanti – sentul, gimana?

    • Om Abdu pengen nyoba rute itu tapi pulangnya tetep lewat offroad menuju km.0-sentul:p Berangkat nandjak, pulangnya juga nandjak hehehe…

  4. KM0 ke curug panjang brapa lama and brapa KM kira2x om…. untuk persiapan nihh tksss

    • Dari KM.0 lurus terus ikutin jalan yg lama2 menurun dan ketemu tandjakan semen. Setelah tandjakan semen ada pertigaan, ambil kiri yg tandjakan makadam panjang. Lalu disambut turunan dan sampe di Megamendung. Kira2 cuma 3 km udah sampe Megamendung dan tinggal ikutin jalan aspal klo mau langsung ke Curug Panjang😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: