Posted by: dhanichagi | June 21, 2011

Jogjing Sebagai Selingan Bersepeda

Jogjing @GBK

Karena lagi ga bisa gowes ke kantor, maka teman-teman Rosela mempunyai aktifitas baru, yaitu Jogjing (Aki Supri – 2010)

Kegiatan sehari-hari yang makin sibuk serta bagi para Ayah yang harus ternak teri (anter anak anter istri) tiap pagi yang menyebabkan tidak bisa bersepeda ke kantor, maka jogjing salah satu solusinya.

Jogjing dapat dilakukan sesaat sebelum kita ke kantor. Bisa dilakukan di Gelora Bung Karno, Monas, Lapangan Banteng atau taman sekitar kantor kita. Selain itu, jogjing merupakan olahraga low impact dan dapat dilakukan oleh semua orang.

Keuntungan Jogjing

Jogjing memberikan keuntungan tetap bagi keseluruhan kesehatan setelah dilakukan.

Efek-efek dari jogjing adalah:
1. membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan;
2. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan;
3. Menetralkan depresi;
4. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif;
5. Jogjing membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan;
6. Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, jogjing membantu Anda memperbaikinya;
7. Jogjing mengencangkan otot kaki, paha dan punggung;
8. Membuat tidur lebih nyenyak.

Kesenangan Yang Didapat Dari Jogjing

Jogjing juga dapat memberi Anda kesenangan secara fisik maupun mental. Apabila jogjing dilakukan dengan benar, Anda tak akan merasakan kelelahan saat Anda telah menyelesaikan satu tur lebih dari yang Anda lakukan sebelumnya. Anda juga mendapat manfaat dengan merasakan nyaman di otot selama jogjing dan setelahnya.

Anda akan merasakan angin lembut yang bertiup disekitar tubuh Anda, juga dapat mendengarkan suara burung berkicau, suara air yang mengalir, atau suara ombak di laut (jika Anda melakukannya di tepi laut). Selama jogjing Anda juga dapat merasakan perasaan senang.

Pakaian Dan Sepatu

Selalu gunakan pakaian yang longgar dan nyaman dipakai. Pilih pakaian yang dapat memberikan ventilasi bagus, hindari yang penuh jahitan, bertepi tajam atau yang membungkus dengan ketat. Hindari juga pakaian berbahan katun, karena pakaian akan menjadi sangat basah dan berat terkena keringat kita.

Sedangkan untuk sepatu, kenakan yang lembut dan nyaman, tapi dengan bentuk yang pas dan cocok di kaki. Pilih yang alasnya dapat ditekuk dengan lentur dalam pergerakan kaki Anda tapi cukup mendukung saat terhentak dengan tanah, sehingga tidak membuat Anda terpeleset. Jangan kenakan sepatu sepeda ya, karena sepatu sepeda tidak bisa ditekuk:p

Bagaimana Melakukan Sesi Jogjing

Anda sebaiknya bergerak dengan lambat dengan usaha kecil yang pertama dalam beberapa ratus meter untuk pemanasan otot anda. Lalu perlahan-lahan tambahkan kecepatan Anda. Kalau Anda sudah melakukan setengah rute, Anda bisa berlari lebih cepat sesuai kemampuan Anda. Jika rute cukup panjang, Anda bisa mengambil dua atau tiga dorongan dengan kapasitas yang hampir penuh. Untuk jarak ratus meter terakhir lambatkan gerakan lari Anda.

Peregangan Tubuh Dan Setelah Beberapa Sesi

Sangat disarankan untuk melakukan peregangan sebelum melakukan sesi jogging, dan bukan hanya pada otot kaki Anda, tapi juga keseluruhan tubuh, lakukan selama 2 menit sebelumnya dan 3-4 menit setelahnya.

Kapan Dan Seberapa Sering

Jika jogjing hanya satu-satunya aktivitas olahraga yang dilakukan, melakukannya tiap dua hari sekali adalah ukuran idelnya. Itu sudah cukup untuk memberikan seluruh keuntungan bagi kesehatan dan meningkatkan kondisi, dan daya tahan tubuh Anda. Tapi jika Anda mengkombinasikan jogjing dengan olah raga lain, lakukan seminggu dua kali cukup baik bagi kesehatan.

Kendala Saat Jogjing

Bagi pemula, kadang merasakan perut sebelah kiri yang sakit ketika jogjing.
Cara mencegahnya yaitu:
1. Hindari makan satu jam sebelum jogjing;
2. Pemanasan sebelum melakukan jogjing;
3. Jangan boros nafas. Lakukan pernafasan yang teratur dengan mengambil nafas dalam-dalam dari hidung dan keluarkan pelan-pelan melalui mulut ;
4. Perhatikan bentuk tubuh, jangan membungkuk dikala jogjing.

Bagaimana Memulainya

Jika Anda tak biasa melakukan latihan fisik, sebelum memulai jogjing, alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter. Anda mungkin memiliki masalah kesehatan, yang tidak disarankan untuk melakukan jogjing, atau yang mesti Anda pertimbangkan jika melakukan jogjing. Untuk pertama-tama, sebaiknya Anda berlari-lari di tempat selama 10 menit. Lalu Anda dapat menambah waktu, jarak dan kecepatan setelah terbiasa.

 

Sumber: www.kapanlagi.comhttp://www.buzzle.com/articles/jogging-tips-for-beginners.htmlhttp://running.about.com/od/runningforbeginners/f/sidestitch.htm


Responses

  1. bener2 dah fotonya…😀

  2. itu mbak nya ko joging nya aneh yak?
    tangan dan kaki nya bareng, tangan kanan dan kaki kanan ke depan,
    hehe….

    • Malahan jogjingnya doyan lawan arah. Coba aja cek tiap pagi ada kok orangnya:p

  3. jogjing? mungkin maksudnya Jggging kali yah?

    • Seorang kawan biasa menulis jogjing, jadi ikutan terbawa deh :))

      On Mon, Mar 24, 2014 at 2:26 PM, Adventure Goes Sepeda! wrote:

      >


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: