Posted by: dhanichagi | January 24, 2011

1PDN: 1katan Piksgir Djalan Nandjak

Jumat malam ada bbm dari Om Abdu ngajak gowes ke KM 0 sekalian nemenin sepupunya untuk diratjoenin nandjak.

Anehnya Om Abdu mau pake kayu bakar (seli) Fold X 16′ karena niat slow uphill barengan sepupunya yang memang masih nubie. Terbesit ide iseng untuk pake Airwalk fiksgir yang biasanya dipake cuma untuk ke kantor doang seminggu 2x.

Airwalk fiksgir ini masih standar, dengan komposisi 44-17T, 700x23C, clipless pedal. Ga bakat pake toeclip dan memang saya lebih seneng pake sepatu ber cleat.

Oia KM 0 itu sebuah tugu di Bojong Koneng, Sentul, yang biasa dijadikan tujuan bersepeda bagi penikmat djalan nandjak dengan MTB maupun kayu bakar. Pernah juga dijadikan ajang Kejuaraan Tanjakan pada tahun 2009 dan 2010.
Sabtu pagi berangkat ke Sentul City dengan menggendong fiksgir di rak mobil. Parkir di Petronas lalu siap-siap pemanasan sebelum berangkat. Sekitar pukul 7.30 mulai start gowes pelan-pelan.
Tanjakan menuju Taman Budaya sudah cukup menyiksa walau dapat ditempuh tanpa TTB.

Ketika ketemu turunan, gowes sekencang-kencangnya untuk mendapatkan momentum di tanjakan. Regrouping di Taman Budaya lalu menunggu sekitar setengah jam, akhirnya kawan yang diproyeksikan kena ratjoen nandjak sampai juga di Taman Budaya. Dengan alasan ada kerjaan dadakan, dia memutuskan balik kanan dan kita pun melongo…

Setelah Taman Budaya, kita pun belok kanan menuju Desa Bojong Koneng. Masih kuat nandjak tanpa TTB sampai bengkel motor lalu gowes sambil nunduk, dilanjutkan gowes sambil berdiri dan akhirnya TTB juga..
Tanjakan awal Bojong Koneng memang berat, dan lumayan panjang. Tetapi,,, setelah itu tanjakan-tanjakan Bojong Koneng tetap berat juga bagi fiksgir:p
Setelah ketemu jalan sedikit datar di pertigaan, lanjut gowes lagi dan lagi-lagi TTB di SD Bojong Koneng 02 sambil diliatin anak-anak SD dan pada teriak “Hello Misteeeer”. Selanjutnya di 2 SD berikutnya bisa gowes juga tanpa TTB.

*FYI ada 3 SD negeri di Bojong Koneng, pertama SDN Bojong Koneng 02, SDN Bojong Koneng 01, dan paling akhir dan paling tinggi yaitu SDN Bojong Koneng 03. Iseng amat yak ngitungin sekolahan pas nandjak? hehehe…*

Ga kerasa ketemu turunan air terjun, lalu tancap pedal sekencang-kencangnya lalu melahap tanjakan Vila Sentul Hill yang cukup tinggi. Injak pedal kanan, tarik pedal kiri, gowes kayak soang mau nyosor, dilanjutkan gowes sambil berdiri lalu tiba-tiba ban dan crank ga gerak walau pedal udah diinjak dan ditarik sekuat mungkin.

Ah TTB lagi…

Sekitar pukul 9 ketemu tanjakan terakhir, semangat kembali muncul. Ngebut ditanjakan sambil berdiri dan akhirnya saya menyentuh tugu KM 0!

Ketemu Mike dan Scott, bule asal Canada yang biasa gowes ke “Hunter’s Hut” dan Taman Kota 2. Mereka heran dan geleng-geleng kepala. Lalu ngebandingin sama sepeda MTB Look Carbon dia entengan mana *gubrak*


Nah turunnya yang bingung…

Ban udah 7 bulan belum ganti serta udah pernah kena beling 2 kali, nekat aja turun lewat jalan tadi. Sebenarnya bisa lewat Bukit Pelangi yang lebih landai tapi jarak tempuh lebih jauh. Mengandalkan rem depan Radius yang kurang pakem, serta ban belakang yg membotak, mulailah kita turun.
Berangkat keringetan, pulangnya juga keringetan karena tegang takut ban belakang robek dan banyak anak-anak SD yang baru bubar sekolah.

Ketemu om-om pake kayu bakar yang bannya meletus pas turunan, jadi tambah parno. Yo wislah santai aja turunnya sambil skid kecil-kecilan. Akhirnya sampai di Petronas dengan selamat dan mengakhiri perjalanan yang sangat berkesan.

Mungkin perlu dipertimbangkan untuk bikin Fakultas baru 1PDN: 1katan Piksgir Djalan Nandjak


Responses

  1. “there is a will, there is away…goes uphill mo matter what you pay….”

  2. wuih om dhani dengkulnya bagi2 dong :p

    • Dengkul saya cuma dua nih tant. Coba minta sama Bang Icang, siapa tau ada dengkul cadangan:p

  3. om dhani bisa skid/midskid ngga? kalo iya, seru lho ngeskid pas turunan, apalagi kalo basah2 dikit:mrgreen:

    • Klo skid kecil-kecilan bisa om. Tapi klo skid lewat Bojong Koneng mengakibatkan paha saya 3 hari nyeri nahan ban. klo badan terlalu kedepan kayak soang takut jumpalitan. Klo badan ga nyosor kedepan, nahan bannya susah. Ampuuun dah:(

      • teknik itu, teknik.🙂

  4. gorengan kikiiiiiilll!!!😀
    lima bintang buat om DC!

    • Saya lebih suka sop kikil tant :p
      hihihi…
      Sayang sepedanya udah terbang ke Palembang dan terbang lagi ke Semarang.
      Tapi tetep Airwalk fiskgir sangat berkesan🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: